Pengawasan Pemilu di Pesisir Ibukota

(Kiri ke Kanan) Kepala Sekretariat Bawaslu DKI Jakarta Maskur, Anggota Bawaslu DKI Jakarta Mahyudin, Ketua Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Syaripudin, Anggota Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Ulil Amri dan Anggota Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Ahmad Fiqri

Perjalanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah selesai. Dengan dilantiknya pemimpin baik presiden dan wakil presiden maupun legislatif adalah pencapaian kesuksesan perjalanan pemilu. Meskipun dengan berbagai macam dinamika-dinamika yang terjadi pada pelaksanaannya.

Pemilu 2019 dilaksanakan serentak diseluruh penjuru Indonesia. Tak terkecuali jakarta lebih tepatnya diwilayah pesisirnya yaitu Kepulauan Seribu. Pelaksanaan pemilu di kepulauan seribu berlangsung dengan sangat hikmat.

Pada pelaksanaan pengawasan pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Seribu maupun stakeholder terkait sangatlah membutuhkan peranan masyarakat, maka perlu adanya pengawasan partisipatif. “Pengawasan partisipatif didorong karena terdapat kekurangan dari personil pengawas pemilu. Dengan demikian pengawasan partisipatif memiliki peran penting dalam suksesnya pengawasan pemilu,” Ujar Mahyudin Komisioner Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Masyarakat di Kepulauan Seribu memiliki rasa persaudaraan yang kuat. Maka dari itu, pelaksanaan pengawasan di Kepulauan Seribu sangatlah mengedepankan sifat pencegahannya. Baik dari jajaran Bawaslu Kepulauan Seribu maupun stakeholder terkait dan seluruh masyarakat saling bahu membahu dalam pengawasan pelaksanaan pemilu di Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu menjadi wilayah yang pada pelaksanaan pemilu tidak ada terjadi pelanggaran. Ketua Bawaslu Kepulauan Seribu, Syaripudin menyampaikan “Berkat kita semua mengawasi bersama, baik pengawas maupun stakeholder masyarakat, pemilu berjalan dengan tertib dan tidak ada pelanggaran” pada acara “Peguatan Pengawasan Partisipatif.”

Acara tersebut diadakan oleh Bawaslu Kepulauan Seribu pada hari senin, 23 desember 2019 di Sunluke Hotel Sunter. Adapun peserta pada acara tersebut terdiri dari unsur pemerintahan, organisasi masyarakat dan organisasi agama, jajaran pengawas kecamatan pemilu 2019, mahasiswa, dan unsur media.

Penulis : Mohammad Reza F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *