Lompat ke isi utama

Berita

WEBSITE ADALAH JENDELA INFORMASI

humas

Kepala Pusat Data dan Informasi Bawaslu RI (Ir. Lita Gustina, M.Si) dalam memberikan arahan kepada peserta yang hadir

Surabaya, Bawaslu Kepulauan Seribu - Bawaslu RI mengadakan kegiatan rapat kerja teknis website utama Bawaslu Kabupaten/Kota hasil unifikasi pada tanggal 10-11 Januari 2024 yang bertempat di Shangri-La Hotel Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan serta menjabarkan secara teknis penggunaan website terbaru hasil unifikasi yang dilakukan Bawaslu RI. Perlu dipahami jika website menjadi pintu sekaligus jendela informasi bagi masyarakat untuk mengetahui informasi terkini. Sehingga diperlukan website yang tangguh sekaligus mudah diakses.

Lita Gustina selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Bawaslu RI menyampaikan "kegiatan ini berangkat dari banyaknya laporan dan masukan terkait website Bawaslu Kabupaten/Kota yang tidak dapat diakses, adanya hacker yang membobol sistem serta beberapa iklan yang tidak semestinya muncul dalam laman websitenya. Sebagai instansi pemerintahan yang harusnya memberikan informasi terkini sudah semestinya diperlukan usaha ekstra untuk tetap eksis dan tetap memberikan yang terbaik untuk masyarakat sehingga agenda kegiatan ini dirasa penting", imbuhnya.

Dalam agenda kegiatan yang dilaksanakan di Shangri-La Hotel tersebut, Bawaslu RI mengundang perwakilan dari Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta serta Jawa Timur yang tergabung dalam regional 1. Perwakilan-perwakilan yang terundang tersebut mendapatkan pemahaman serta informasi tembahan baik dalam pengelolaan secara teknis maupun bagaimana membuat laman website menjadi lebih menarik sebagai jendela informasi bagi masyarakat umum.

Dalam penyampaiannya, Lita Gustina mengungkapkan pada rakernis pengelolaan website utama Bawaslu Kabupaten/Kota regional 1 bahwa Bawaslu RI telah merampungkan sekitar 237 website baik tingkatan Kabupaten/Kota yang telah berhasil diunifikasi. Beliau pun memaparkan bahwa dengan sistem terbaru ini, pihak Bawaslu Kabupaten/Kota ditekankan untuk lebih aktif dan kreatif dalam menyampaikan informasi ke masyarakat luas. Selain itu Bawaslu Kabupaten/Kota tidak lagi dibebankan dalam proses maintenance website karena hal tersebut telah diambil alih oleh Bawaslu RI, tambahnya.

Dalam kegiatan rakernis tersebut, Lita Gustina juga mengapresiasi kehadiran tiap perwakilan yang terundang karena hal itu menunjukkan komitmen dari Bawaslu Kabupaten/Kota terundang dalam menjalankan tugas yang telah diberikan. Beliau juga mengapresiasi Bawaslu Kabupaten/Kota yang aktif menyampaikan berita maupun informasi kepada masyarakat melalui media daring baik di media sosial maupun website.

Penulisa dan Foto: Humas Bawaslu Kepulauan Seribu