Lompat ke isi utama

Berita

BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU

humas

Benny Sabdo (Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta), memberikan arahan sekaligus membuka acara pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Jakarta, Bawaslu Kepulauan Seribu – Pada hari Rabu (24/1/2024) Bawaslu Kepulauan Seribu mengadakan acara “Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2024” di Hotel Sunlake, Sunter Jakarta Utara. Kegiatan tersebut dihadiri berbagai macam elemen masyarakat serta adik-adik mahasiswa/mahasiswi tersebut menghadiri narasumber Azhar Dini Ratna Listanti yang saat ini menjabat sebagai bendahara umum PE-DE-NUS (Pengawal Demokrasi Nusantara).

Benny Sabdo (Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta) mengatakan  proses pengawasan pemilihan umum tidak dapat dilakukan sendirian oleh Bawaslu. Oleh karena itu sangat penting peranan masyarakat dalam ikut proses pengawasan pemilu seperti slogan Bawaslu itu sendiri “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”. Beliau menambahkan slogan itu bukti bahwa masyarakat memiliki peranan yang sangat penting mengingat Bawaslu tidak memiliki cukup SDM untuk mengcover seluruh wilayah selama proses tahapan pemilu.

Benny juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang selalu memberikan masukan, saran dan juga kritik yang tentunya ini menjadi pemberi semangat bagi Bawaslu untuk lebih baik lagi dalam melakukan tugasnya. Beliau juga menyampaikan viral Alat Peraga Kampanye (APK) yang menimbulkan korban menjadi bukti bahwa masyarakat sangat peduli terkait proses tahapan pemilu yang sedang berlangsung. Tidak hanya itu, banyaknya laporan dan agenda sidang yang sedang dilakukan Bawaslu menjadi bukti lainnya bahwa masyarakat selalu hadir dan berpartisipasi aktif dalam melakukan pengawasan.

Azhar Dini Ratna Listanti menambahkan bahwa ikut andilnya masyarakat dalam proses pengawasan pemilu berarti meningkatkan kualitas demokrasi yang saat ini sedang berlangsung. Tidak hanya itu, beliau juga menambahkan jika aktifnya peran masyarakat ikut mencegah terjadinya konflik. Dan beliau berharap dengan tingginy animo partisipasi masyarakat dapat membentuk karakter dan kesadaran berpolitik di masyarakat umum.

Inisiatif masyarakat, tingginya partispiasi masyarakat serta dengan kuatnya program Bawaslu dalam mengikutsertakan masyarakat didalamnya dapat membuat pencegahan dan penagwasan partisipatif yang kuat. Dan hal ini perlu lagi ditambah dengan adanya kerjasama antar lembaga untuk membuat tiga poros agar lebih massif proses pengawasannya, imbuhnya. Dini pun mengharapkan dengan partisipan yang sudah ada semoga dapat membuat pemilu berjalan jujur, adil dan damai tentunya.

Penulisan dan Foto: Humas Bawaslu Kepulauan Seribu